Sabtu, 22 Juni 2013

Cara Menyimpan Halaman Blog Ke Dalam Format PDF

Sejatinya, jika halaman sebuah website atau blog disimpan maka hasil penyimpanannya adalah sebuah file html. Dimana file tersebut juga harus dibuka dengan menggunakan editor html atau juga dapat dibuka dengan browser. File html tentunya menyimpan satu file html dan folder file-file lain yang digunakan dalam website, misalnya file-file gambarnya.

Dengan penyimpanan dua objek yaitu file html dan folder isi dari komponen-komponennya tentunya akan lebih ribet jika dibandingkan dengan hanya satu file saja yang tersimpan. Fitur dari google chrome dapat mencetak halaman sebuah website atau blog ke bentuk file PDF.

Fitur Google Chrome, Cetak Sebagai PDF

Dalam browser google chrome ada suatu cara bagaimana menyimpan halaman website ke dalam bentuk file PDF. Dengan output file PDF tentunya akan lebih mudah untuk membukanya dan hanya ada satu file yang akan disimpan yaitu file PDF itu sendiri.

Berikut langkah mudah bagaimana menyimpan halaman website atau blog ke dalam sebuah file PDF menggunakan browser google chrome.
  1. Klik kanan di halaman website/blog yang dikehendaki.
  2. Pilih menu Cetak atau Print dalam bahasa Inggris.
  3. Kemudian akan muncul window Cetak/Print. Pada bagian Tujuan, pilih Simpan sebagai PDF/Save as PDF.
  4. Kemudian klik Simpan/Save, dan pilih destinasi file akan disimpan.
Berikut langkah mudah dengan menggunakan gambar. Klik gambar untuk memperbesar.
Cetak halaman website
Cetak Halaman
Simpan halaman sebagai PDF
Simpan sebagai PDF
Simpan ke hard disk
Simpan PDF
Setelah itu silakan dicoba untuk membuka file PDF yang baru saja disimpan. Jika website panjang, maka biasanya akan disimpan dalam dua halaman. Jika pendek satu halaman akan cukup.
Sekian pembahasan mengenai bagaimana cara menyimpan halaman blog/website ke dalam format PDF, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon